Tips dan Trik Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot

Tips dan Trik – Lemot atau biasa dibilang lag merupakan masalah umum yang sering terjadi bagi setiap pengguna Handphone dengan sistem operasi apapun. Semuanya dapat mengalami lag ketika telah di operasikan dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu sistem operasi yang saat ini booming dimasyarakat adalah Android. Ya, Sistem operasi Android banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan kompetitor lainya seperti IOS dan Windows Mobile. Kemudahan yang ditawarkan dan juga ‘user friendly’ yang menjadi daya tarik utama masyarakat lebih memilih Android ketimbang yang lain. Meskipun begitu, setiap sistem operasi ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu sebelum membahas lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab HP kita menjadi lemot, lag atau tidak responsif lagi seperti pertama kali beli.

Baik, kami disini akan mencoba memberi pandangan sedikit mengenai HP Android yang lemot. Sebenarnya HP yang kita gunakan memiliki prinsip seperti manusia secara garis besar nya. Kalau otak kalian sedang banyak fikiran, semakin lama kalian memberi repson terhadap perintah atau pertanyaan-pertanyaan. Begitu juga hp, otak pada gadget kalian adalah prosesor yang dibantu RAM. Kalau otak nya kewalahan maka, hp pasti menjadi lemot dalam mengolah data dan perintah yang diberikan. Kalau manusia butuh ingatan, hp butuh yang namanya memory penyimpanan. Jika ingatan penuh, maka proses untuk mengambil ingatan yang tersimpan dan menerima ingatan baru akan semakin lama. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kemampuan berfikir atau prosesing pada prosesor dan kapasitas memori juga harus lebih ‘besar’. Karena itu, semakin tinggi sistem operasi, semakin besar RAM yang digunakan serta semakin besar memori internal yang dipakai maka akan semakin cepat ponsel kamu dalam melakukan proses.

Ada beberapa cara untuk mengatasinya, Simak ya!

Tips dan trik mengatasi hp android agar tidak lemot

1 . Aplikasi yang digunakan

Semakin banyak aplikasi yang digunakan akan membuat smartphone-mu menjadi lambat, hal ini di karenakan aplikasi-aplikasi tersebut memakan banyak RAM dan memory internal kamu. Begitu juga saat kamu terlalu banyak membuka apliasi secara bersamaan, RAM dan Sistem Operasi yang rendah, Multitasking seperti itu adalah suatu pekerjaan yang berat. Cara yang tepat untuk mengatasinya, yakni install aplikasi sesuai kebutuhan atau yang menurut kamu penting saja dan juga jangan membuka aplikasi secara bersamaan. Selain itu, jika kamu memang ingin memakai banyak aplikasi belilah memory sehingga aplikasi tersebut bisa kamu simpan di memory external. Untuk meng uninstall aplikasi cara nya masuk ke setting > Pilih Aplikasi > Pilih Aplikasi yang akan di Hapus > Pilih Uninstall Aplikasi.

2. Cache

Hapus cache aplikasi yang sering kalian gunakan di Android. Apabila jumlah cache terus menumpuk dan tidak dihapus, maka semakin besar pula kapasitas memori yang dipakai dan akan membuat hp kamu lemot. caranya : Buka Setting > Pilih menu ‘aplikasi‘ > Kemudian pilih aplikasi yang sering kamu gunakan > Pilih Hapus Cache. Silahkan, rasakan perbedaanya!

3. Launcher

Launcher biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan awal dilayar hp kalian. Padahal tidak semua launcher itu mendukung settingan yang sama dengan animasi default dihp kalian. Maka dari itu agar ponsel anda tidak lemot, sebaik nya hapus launcher atau gunakan launcher yang ringan dan sesuai dengan hp kalian.

4. Widget

Widget memang kadang berguna sebagai jalan pintas dari sebuah aplikasi atau bisa juga untuk mempercantik tampilan home screen android. Namun, untuk mengoptimalkan android yang dipakai kamu bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

5. Update OS

Update OS sangat di perlukan jika ponsel kamu sudah mulai lemot ataupun lambat, hal ini dikarenakan setiap update yang diberikan dapat mengatasi ‘bug’‘, memperbaiki kinerja hp dan menawarkan beragam fitur baru. cara mengetahui ponsel kamu sudah menggunakan versi terbaru adalah masuk ke setting > tentang ponsel > Software update > Check for updates kemudian tunggu beberapa saat. Akan terlihat versi OS kamu dan software update. Jika ada pembaruan sebaiknya langsung di perbarui.

6. Factory Reset

Ini merupakan cara terakhir dan ampuh jika dirasa cara-cara yang telah dijelaskan diatas tidak ‘mempan‘ sehingga ponsel kamu tetap lambat. Factory reset artinya mengembalikan semua pengaturan dan persnolaisasi android ke default seperti saat kamu pertama kali beli hp. Untuk di ingat, sebelum melakukan cara jitu ini kamu harus mem-backup semua data penting yang ada di ponsel kamu. Karna proses ini akan menghapus semua data yang ada didalamnya. jik sudah yakin, ikuti langkah berikut ini:

Masuk ke setting > Backup dan Reset > Factory Data Reset. Tunggu beberapa menit maka ponsel kalian akan kembali kepengaturan awal.

Nah itulah Tips dan Trik Mengatasi HP Android Agar Tidak Lemot sobat. Semoga infonya bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *