5 Makanan Khas Palembang, Gak Cuma Pempek Loh!

5 Makanan Khas Palembang – Palembang merupakan kota yang telah berdiri sejak 17 Juni 628 Masehi. Ya, saat ini kota yang mendapatkan julukan Venice of The East yang diartikan alkuturasi dari beragam budaya tersebut sudah berusia 1336 tahun dan merupakan kota tertua yang ada di Indonesia bahkan termasuk yang tertua di dunia.

Bagi sebagian orang yang berkunjung ke kota ini, pempek adalah tujuan wisata kuliner pertama yang mereka cari. Makanan yang berbahan dasar tepung, bawang putih, penyedap rasa, garam dan bahan utama yakni, Ikan yang dihaluskan adalah makanan serta menu favorit untuk dijadikan buah tangan atau oleh-oleh ke kota asal mereka masing-masing.

Bicara soal pempek, kurang pas jika pempek tidak dipadukan dengan lawan nya, yaitu Cuko. Cuko yang terbuat dari air rebusan yang ditambahkan gula merah, bawang putih, cabai tumbuk dan sedikit ebi tersebut merupakan perpaduan yang pas ketika kalian makan pempek.

Namun, tidak selalu terkenal dengan pempek. Palembang juga punya makanan khas lainnya yang ga kalah enak juga loh sobat trending!

5 Makanan khas Palembang

1. Martabak Har

Makanan khas Palembang yang pertama adalah martabak Har. Makanan yang berasal dari India tersebut pertama kali dibawa oleh Haji Abdul Rozak. Har sendiri merupakan singkatan dari nama pemilik waralaba tersebut yakni (H)aji (A)bdul (R)ozak. Makanan yang berbahan dasar tepung dan telur tersebut akan disajikan dengan Kari Kambing yang akan membuat kamu makin ngiler ! telur nya pun bisa kamu pilih sendiri mau telur ayam atau telur bebek. Telur bebek sih rekomen, rasanya lebih polll !

2. Laksan

Laksan menjadi makanan khas yang patut dicoba bagi kalian yang berkunjung ke Palembang. Makanan ini merupakan turunan dari pempek yang berbahan dasar ikan dan terigu. Yang membuat beda, laksan dibuat dengan bentuk oval, teksturnya lebih kejal serta disajikan dengan kuah santan yang telah dicampur bumbu-bumbu seperti cabai sehingga warna nya merah. Untuk rasanya ? hmmm jangan ditanya, akan kamu dapatkan rasa yang berbeda dari pempek setelah mencoba nya sendiri sobat!

3. Burgo

Makanan selanjutnya yakni burgo. Makanan berwarna putih, tebal dan berlapis didalamnya selalu menjadi incaran bagi warga palembang yang ingin meng-ganjal perutya di pagi hari. Ya, makanan ini memang sering dijual sebagai menu sarapan di pagi hari. Hampir sama dengan laksan, burgo juga terbuat dari bahan dasar tepung beras dan ikan. Namun, perbedaan kuah yang membuat laksan dan burgo berbeda. Burgo disajikan dengan kuah berwarna putih yang biasanya tidak ada rasa pedas dari cabe. tapi tenang, untuk kamu yang doyan pedes biasanya akan berikan sambal terpisah dari penjualnya.

4. Mie Celor

Mie celor jadi menu sarapan andalan yang digemari di Palembang. Mie ini direbus kemudian disiram dengan kaldu santan berwarna kuning yang kental. Tekstur mie yang sedikit kejal memiliki kenikmatan tersendiri ketika dimakan ditambah dengan rasa kuah yang gurih dari kaldu rebusan kepala udang membuat Mie Celor memiliki cita rasa juara.

5. Lakso

Menu satu ini sangat jarang diketahui bagi mereka yang bukan asli orang Palembang. Namun, tidak jarang orang palembang sendiri pun tidak mengenal nama dari makanan ini. Lakso, sebutan untuk makanan yang dibuat seperti mie goreng dan di padukan dengan kuah santan. Semakin menambah kenikmatan apabila kalian padukan lakso ini dengan sedikit sambal cair, kerupuk Palembang serta teh hangat. Lakso menjadi salah satu rekomendasi trendingbg.com yang wajib kalian coba dan wajib kalian beritahukan orang-orang di kampung halaman ya bagaimana rasanya!

Nah itu tadi 5 Makanan khas Palembang yang ga kalah enak dari pempek sobat. Jika kalian berkunjung ke Palembang jangan lupa untuk mencoba ke-5 makanan tadi yaa, mana yang akan menjadi favoritmu. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *